Di jadwal kan minggu malam festival arakan sahur di buka secara resmi oleh Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif RI Polisi Temukan 3 Kilogram Paket Sabu Tak Bertuan Di Dalam Mobil Jaz. Gantikan Juber, Sukmawati Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi Aktivis Minta Bupati Copot Kadinkes Dan Dirut RSUD H HANAFIE Bungo.Gegara Pasien Pemegang KIS Di Pinta Biaya Rp.2 Juta Gubenur H Al Haris Menghadiri Halal Bilhalal, Di Sambut Hangat Oleh PJ Muaro Jambi

Home / Uncategorized

Jumat, 22 September 2023 - 13:55 WIB

Bupati Kunjungi BPN Penguatan Ketahanan Pangan Tanjabbar

image_pdfimage_print

Ranjaunews.com,JAKARTA – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag lakukan kunjungan dalam rangka Audiensi Penguatan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke Badan Pangan Nasional RI, Kompleks Kementrian Pertanian, Jakarta Selatan. Jumat (22/9).

Pada kunjungannya tersebut, Bupati disambut langsung oleh Kepala Biro Perencanaan kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmad Firdaus, S.Hut, MT, PhD,.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Nusantara II Lantai 4 Badan Pangan Nasional RI tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bapedda Kabupaten Tanjab Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Ketahanan Pangan Tanjab Barat, dan lainnya.

Disampaikan Bupati pada pertemuan tersebut bahwa Tanjung Jabung Barat termasuk Kabupaten dengan potensi rawan dalam hal ketahanan pangan, terutama beras. Hal tersebut menurutnya disebabkan banyaknya lahan masyarakat yang beralih fungsi menjadi perkebunan Kelapa Sawit, sehingga lahan yang diupayakan untuk memaksimalkan pertanian menjadi berkurang. Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Tanjung Jabung Barat telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung para petani beras, salah satunya melalui regulasi.

” Kami Pemerintah Daerah dalam rangka mensupport dan mengapresiasi petani kita membuat regulasi Bupati membeli beras petani untuk beras pegawai hal ini dalam rangka agar para petani termotivasi untuk menanam padi” katanya.

” Kita hanya punya Kecamatan Senyerang dan Kecamatan Pengabuan serta sebagian Kecamatan Tungkal Ilir yang produsen untuk mencukupi pasokan beras, ditambah Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang pasang surut sehingga petani menanam Padi 2 kali dalam setahun sangat sulit karena air rob ( air pasang-surat) berlangsung di akhir dan awal tahun, makanya kita juga bekerjasama dengan Bulog agar mengambil beras dari petani”sebut Anwar Dilanjutkannya, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang merupakan tempat singgah karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu, mengakibatkan kebutuhan pasokan bahan pokok tidak dapat dipastikan. ” Berbatasan dengan 3 kabupaten ini langsung yang dimana Kabupaten Tanjab Barat merupakan tempat singgah dan berbelanja hal ini membuat kita kurang bisa menghitung pasokan terutama beras dan kebutuhan pokok lainnya karena yang ada dan masuk akan langsung keluar ” ucap Bupati.

Menanggapi penyampaian Bupati, Prof Risfaheri menyampaikan, Badan Pangan Nasional kedepannya akan mendorong serta mendukung Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna memperkuat ketahanan Pangan di Tanjabarat, termasuk stabilitas harga pangan dan peningkatan gizi melalui pengembangan potensi pangan lokal terutama pada aspek pertanian, perkebunan, dan perikanan.
(Maria)

image_pdfimage_print

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Sekda Tanjabbar Berikan Arahan Pelaksanaan Festival Arakan Sahur

Uncategorized

Harapan Dirlantas Polda Jambi kepada Pemprov Terkait Mobilisasi Angkutan Batu bara

Uncategorized

Di jadwal kan minggu malam festival arakan sahur di buka secara resmi oleh Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif RI

Uncategorized

Muaro Jambi Dua Desa Jambi Kecil Dan Tunas Baru,Jalan Rusak.sebut Pemda Dan Pemprov Tutup Mata Selama Belasan Tahun.

Uncategorized

Ketua adat serta pemdes sungai ruan dinilai tidak profesional menetapkan hukum adat

Uncategorized

Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Muaro Jambi Gelar Apel Siaga Karhutlah TA,2023

Uncategorized

Diduga Proyek Siluman, kontraktor Tidak Menampilkan Plank Kegiatan di Lokasi

Uncategorized

Polres Tanjab Barat, Polda Jambi Berhasil Mengamankan 1 (Satu) kg Lebih Narkotika Jenis Sabu-Sabu Dan 2 Unit Senjata Api.